Ngembaliin File Yang Ter-Superhidden

Kalo ada file yang terhidden biasa, sih gampang nongolinnya kembali. Sekarang gimana kalo ada file kesayangan yang di-superhidden-kan oleh virus ato orang jail? Ngembaliin attributnya ga segampang ngembaliin attribute hidden biasa, kalo lewat GUI windows dengan tangan kosong (baca: tanpa tool khusus) bisa dikatakan mustahil. Pengin tau caranya? Baca terus.

Sekilas superhidden (System File)

Attribut ini digunain untuk nyembunyiin file inti ato bisa disebut file systemnya windows, biar file itu aman dari utak-utik pengguna pemula yang penasaran. Soalnya kalo ada satu saja file system windows yang berpindah tempat ato terhapus, bisa dipastikan kerja windows bakal ngga beres. Meski begitu, ada cara biar file system bisa diliat oleh pengguna. Yaitu lewat Folder option, setingan ini bisa di temuin di control panel ato di windows explorer ketik ‘alt+t’ trus pilih folder option, trus kalo udah klik tab view, pada bagian advanced setting klik checkboxnya opsi ‘hide protected operating system files(recommended)’ sampai centangnya hilang, kalo sudah akan muncul jendela peringatan, klik ok aja. Klik apply trus tutup jendela folder option.

Sekarang buka drive c:, jreng akan muncul folder dan file yang tadinya tidak ada. File yang berattribut superhidden maupun hidden iconnya lebih kabur daripada yang berattribute normal. Sekarang coba klik kanan salah satu file yang iconnya kabur trus klik properties. Pada bagian ‘attributes’, opsi hidden akan berwarna abu-abu dan tidak merespon ketika disorot ato diklik. Yang perlu diinget, jangan pernah sekali-sekali ngapus ato mindah filenya windows yang tersuperhidden itu, biar aman baiknya opsi ‘hide protected operating system files(recommended)’ tetap tercentang saja.

Sialnya, ternyata superhidden sering disalah gunain sama virus ( biasanya worm) buat nyembunyiin data (yang biasanya ada) di flashdisk. Kalo udah gitu orang biasanya panik sendiri, ngira datanya itu ilang, padahal cuman di umpetin. Lagipula sedikit virus ato worm yang penyebaranya dengan ngapus isi flashdisk, karena proses ngapusnya sendiri makan waktu yang lumayan lama dan resiko ketahuan sama pengguna flashdisk besar. Meskipun udah ter-superhidden, file masih bisa diakses lewat cara diparagraf atas artikel ini, namun kan ngga nyaman kalo mau ngakses harus bolak-balik ke folder option. Ngembaliinya attributnya gimana? Ada dua cara yang satu cara susah dan ruwet tapi langsung bisa dipraktekkan yang kedua lebih gampang tapi harus punya toolnya dulu. Tinggal pilih yang mana .

Lewat Perintah DOS

Sebelum masuk ke perintah untuk ngganti attribute ada baiknya saya ngenalin perintah dasarnya dulu. Buat yang udah mahir lewatin aja.

Perintah dasarnya yaitu:

Cd

Akronim dari call directory, gunanya buat manggil direktori. Syntaxnya ‘cd . Nama folder di isi dengan nama folder yang mau di panggil. Kalo mau kembali ke folder diatasnya pake perintah ‘cd..’ (‘cd’ dengan tanda titik dua kali).

{Nama Drive}:

Gunanya buat ngganti posisi drive, misalnya dari drive c: ke drive d: ,maka ketik “D:” trus enter. Maka posisi sudah berganti ke drive d, kalo mau ke drive f tinggal ketik “F:”

DIR

Fungsinya buat nampilin isi directory syntaxnya tinggal ketik “dir” aja .

Sekarang syntax dasar udah paham, tinggal syntax utamanya.

Yaitu:

attrib –s –h {Nama File}

-s : buat ngilangin attribute superhidden

-h : buat ngilangin attribute hidden

{Nama File}: ditulis nama file ato folder yang akan diilangin attribut superhiden.

NB: Kalo mau nyembunyiin file dengan cara tanda “-“ diganti tanda “+”

Kalo file ato foldernya lebih dari 1 maka syntaxnya menjadi :

attrib –s –h {namafile1}{spasi}{namafile2} dst

ato intinya antar nama file dipisahkan dengan spasi.

Contoh

Kita mau nampilin file yang ter-superhidden yang berlokasi di F:\adnan\matibae.docx

Pertama kita buka command prompt, dengan cara ketik “cmd” pada dialog run (diakses lewat start->run). Kalo udah akan kebuka jendela cmd. Ketik “F:” kemudian posisi akan berpindah ke drive F, ketik “cd adnan”, berfungsi untuk memindah posisi kursor ke folder “adnan” kemudian baru ketik perintah utamanya, ketik

attrib –s –h matibae.docx

bisa juga dengan perintah yang langkahnya lebih simple, yaitu tanpa memanggil folder adnan. setelah cmd terbuka langsung aja ketik F: untuk berpindah drive. Trus habis itu ketik

attrib –s –h adnan\matibae.docx.

Selesai gampang? Ya? Makasih

Sayangnya perintah ni ga bisa menangani file yang ber-spasi,. Ingat syntax untuk lebih dari satu file, pemisahan antar file pake spasi kan, lah kalo nama filenya ada spasinya maka akan dianggap sebagai dua file.

Pake Attribute Changer

virus2

Sekarang kita pake tool yang namanya attribute changer, penggunaannya mudah, setelah diinstal, restart dulu komputernya. Program ini udah terintegrasi sama context menunya windows, untuk menggunakannya : Klik kanan file yang akan di unhidden klik “change attributes..” setelah itu tinggal pilih akan diapain. Disitu ada pilihan “read only”, “hidden” ,”archive”,”System”,”compress” dan “index”. Kalo mau meng-unhide tinggal klik “hidden” sama “system” sampe centangnya hilang, habis itu klik “ok”, selesai. Sebenarnya kemampuannya ga cuman itu masih banyak yang lain, karena keterbatasan halaman (halah, bilang aja males ngetik) sehingga tidak saya bahas silahkan dieksplorasi sendiri (ato baca saja manualnya). ohya hampir lupa, program ini bisa didapat di http://www.petges.com.

Bisa juga di http://fileforum.betanews.com/sendfile/1009407292/1/acbeta.exe Ato kalo tidak googling aja, pasti ketemu. Tinggal pilih.

Sekian, semoga berguna amin(~AHP~,23 April 2008 13:58)(NB:saya nulis artikel ini ketika sedang libur dalam rangka UNAS kelas XII. Sambil mikirin ulangan Kimia begitu masuk sekolah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: