Pengertian Dasar JARINGAN KOMPUTER

Pada masa permulaan perkembangan sistem komputer hanya dikenal satu jenis system, yaitu sistem komputer dengan proses yang terpusat seperti nampak pada gambar. Sistem seperti ini hanya menggunakan sebuah CPU yang akan melaksanakan semua tugas yang diperintahkan kepadanya. Hal ini berlaku baik untuk sistem yang digunakan oleh seorang pemakai (single-user) maupun digunakan oleh banyak pemakai (multi-user).

Contoh multi-user

Pada komputer single user, sebuah CPU yang berfungsi untuk memproses data, biasanya dilengkapi dengan monitor dan keyboard dan hanya bisa digunakan oleh seorang pemakai. Komputer jenis ini kemudian dikenal sebagai personal komputer.

SEPERANGKAT KOMPUTER
Pada komputer multi user, beberapa terminal yang berfungsi untuk memasukkan data, dihubungkan pada sebuah CPU. CPU kemudian memproses data yang berasal dari pelbagai terminal.
multi user lainya
Pada system komputer semacam ini, semua peralatan pendukung yang digunakan, seperti misalnya printer, plotter, terminal dan sebagainya, juga dihubungkan melalui controller ataupun interface langsung ke-CPU tersebut.
jaringan-4

Perkembangan pesat teknologi komunikasi data dan perangkat lunak yang terjadi menimbulkan apa yang dikenal sebagai system komputer dengan proses terbagi (distribusi processing) yang seperti terlihat pada gambar. Sistem ini menyebabkan suatu organisasi tidak lagi brgantung pada satu CPU. Rusak atau tidaknya suatu CPU tidak menyebabkan berhentinya seluruh proses dengan system komputer, tetapi hanya sebagian yang terganggu

jaringan-5
Perkembangan teknologi semikonduktor yang sangat pesat menyebabkan munculnya personal komputer. Akibatnya semakin banyak lagi pihak yang mampu dan terdorong untuk menggunakan system komputer dalam melaksanakan tugasnya. Keadaan menyebabkan keperluan kerjasama antar system komputer yang lebih baik dari apa yang ada semakin mendesak
jaringan-6
Perkembangan PC mendorong kebutuhan kerja sama antar system komputer PC dan juga komputer yang lebih besar (mini ataupun mainframe). Hal inilah yang kemudian menyebabkan munculnya apa yang dikenal dengan Local Area Network atau disingkat LAN ataupun Wide Area Network yang disingkat WAN.
jaringan-7

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: